Minggu, 27 Februari 2011

Komunikasi


Yah, sering sekali kita mendengar kata komunikasi. Bahkan kata ini sering sekali muncul dan sangat populer dalam berbagai hal. Akan tapi banyak juga diantara kita tidak mengetahui apa makna dibalik kata komunikasi itu sendiri. Komunikasi apabila kita terjemahkanpun banyak sekali  pemikiran-pemikiran yang menangkap serta mendefinisikan makna dibalik arti komunikasi, akan tetapi belum tentu dapat di pahami oleh kebanyakan orang.
Komunikasi sesungguhnya merupakan hal yang dibutuhkan seseorang untuk bisa bersosialisai dengan orang lain, untuk bisa mencari kawan, memahami orang lain, bertukar pikiran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu komunikasi merupakan sarana penting  yang sangat menunjang keberhasilan seseorang dalam berbagai aspek kehidupan.  mengapa demikian ??
Karena dengan komunikasilah kita menjadi tahu apa yang tidak kita ketahui sebelumnya, kita menjadi mengerti dengan apa yang tidak kita mengerti sebelumnya, dan kita menjadi paham apa yang tidak kita pahami sebelumnya. semua itu berasal dari bagaimana kita berkomunikasi dengan baik dan benar kepada orang lain.
Berkomunikasi kepada orang lain pastinya dapat dilakukan dengan berbagai cara. bukan hanya berbicara secara lisan atau secara  langsung saja dengan lawan bicara,  akan tetapi berkomunikasipun dapat kita sampaikan melalui tulisan serta gerak tubuh kita.
kita sering menjumpai orang yang tidak pandai bicara  atau pendiam sekalipun mampu menyampaikan apa yang ingin disampaikannya itu kepada orang lain.  Akan tetapi apa yang dia pikirkan, dia rasakan dan dia pahami itu dia sampaikan dalam bentuk tulisan.
Ada orang yang senang berkomunikasi dengan menyampaikan secara lisan. Mengapa demikian?? Seperti kebanyakan orang, dengan menyampaikan secara lisan atapun secara langsung kepada lawan bicara akan lebih efektif dan efisien, biasanya kita bisa bertemu langsung dengan lawan bicara kita. Apa yang kita sampaikan kepada lawan bicara kita dapat diketahui langsung. Seperti yang saya rasakan, berbicara secara lisan ada perasaan lain atau kerpuasan tersendiri.
Ada juga orang yang senang berkomunikasi dengan menyampaikan secara gerak gerik tubuhnya. Gerak tubuh sebenarnya dapat mempengaruhi seseorang berkomunikasi..karena apabila orang lain tidak mengerti kita dapat menunjukan dengan kemampuan gerakan tubuh kita agar lawan bicara dapat mengerti apa yang kita bicarakan .

Berkomunikasii sangat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya…
Visual
Berkomunikasi secara visual artinya kita menangkap memahami dan merasakan suatu infomasi melalui media tulisan yang kita baca maupun dalam bentuk gambar yang kita lihat.
Audio
Berkomunikasi secara audio artinya kita menagkap suatu informasi dari apa yang dibicarakan atau disampaikan orang lain, kebanyakan informasi yang kita serap berasal dari apa yang kita dengar
Dan berkomunikasi secara kinetik artinya kita dapat menangkap suatu informasi dan merasakan sesuatu melalu gerak gerik seseorang dan. kebanyakan informasi yang di dapat berasal dari gerakan seseorang dalam menyampaikan informasi.
Itulah sekilas pengertian mengenai komunikasi yang saya jelaskan dan saya pahami selama ini. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi menurut pemikiran saya adalah bagaimana orang lain agar mengerti apa yang kita bicarakan atau kita sampaikan baik dalam bentuk lisan, tulisan serta gerak tubuh kita, juga bagaimana cara kita agar dapat mempengaruhi orang lain  agar orang lain mengerti dengan apa yang kita sampaikan kepadanya…
Dengan kata lain berkomunikasi adalah bagaimana cara kita menyampaikan suatu informasi kepada orang dan yang paling penting adalah bagaimana orang lain dapat menangkap, mengerti, memahami dan merasakan apa yang kita sampaikan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar