Kamis, 26 April 2012


Perjalanan yang luar biasa dan berkesan



Luar biasa sekali ketika saya mengenal sesosok orang yang luar biasa ini. Awal berkomunikasi saya memberanikan diri untuk memperkenalkan diri saya. Kemudian ketika itu beliau membalas massage saya. Tiba-tiba saya terkejut betapa senangnya hati saya ketika mendapat balasan dari beliau. Sebuah sapaan yang luar biasa.
Saat itu, kami berkomunikasi melalui via chatting, kemudian kami saling bertukar no kontak. Tiba-tiba beliau mengirimkan sms kepada saya, ingin sekali bertemu dan sharing-sharing.
Sungguh luar biasa, ketika beliau mengajak saya untuk bertemu, saya merasa senang sekali saya merasa mempunyai keluarga baru kembali. Beliau seperti ayah saya yang luar biasa. Ketika itu beliau mengirim pesan untuk mengajak janji bertemu dan sharing-sharing di Jakarta. Saat itu perasaan begitu bingung. Disatu sisi, saya ingin sekali bertemu dengan beliau disisi lain saya harus meminta izin dengan orang tua saya terlebih dahulu, karena memang sebelumnyapun saya tak pernah pergi sendirian ke Jakarta. Benar saja memang dugaan saya waktu itu. Ketika orang tua tahu bahwa saya akan pergi ke Jakarta. Waaawww,,,,,Begitu mendengar kata Jakarta sepertinya orang tua sudah bilang. TIDAAAKKK !!!!! tidak boleh dengan berbagai macam alasan.

Akhirnya dengan negosiasi yang baik dengan orang tua, meyakinkan kepada orang tua bahwa saya tidak akan apa –apa dan saya akan mendapatkan pembelajaran baru yang luar biasa untuk diri saya. Sungguh luar biasa orang tua saya ketika itu, Allah memudahkan jalan saya, orangtua saya mendoakan agar saya selamat dalam perjalan dan bisa kembali lagi bertemu dengan beliau. Saya berfikir, jika seadainya saya tidak diizinkan bagaimana jika saya pergi ke bebrapa provinsi di Indonesia bahkan sampe keluar negeri.AMIN ^_^….. Waaahhh terimakasih orang tua ku tercinta…LOVE YOU FULL dah hehehehe.

Terimakasih juga kepada adikiku tercinta yang sudah mengantarkan kakakmu ini hingga menjemputnya juga. Saya tahu bahwa inilah apresiasi cinta dari adik saya kepada saya, karena saya sangat tahu sekali bahwa kamu adalah orang yang paling jaim untuk diminta bantuan.
Akhirnya dengan tekat keberanian saya, saya akan pergi ke Jakarta sendirian. Wawww. Amazing, ini bakalan jadi pengalaman baru saya.

Pagi sekali saya bangun dengan perasaan semangat. Setelah subuh tiba-tiba saja adik saya sudah siap untuk mengantarkan. Saya merasa malu sekali karena saya sendiri belum mandi waktu itu hehehe….
Setelah selesai mandi sayapun bergegas pergi ke terminal leuwi panjang pukul 05.30….dalam perjalanan menuju terminal adik saya banyak berpesan kepada saya…”hati-hati di jalan yah teh jaga diri, jangan pulang malam sekali…inget teh Jakarta..” lalu saya menjawab “siappp… ok deehh…”

Setibanya kami di terminal leuwi panjang saya langsung berjalan dan mencari bus jurusan Cibinong Bandung. setelah saya menemukan busnya. Saya naik dan duduk paling depan. Saya tengok kekanan, kekiri, bahkan ke belakang Hahahaha ternyata masih pagi..bus akan berangkat pukul 6.30 dan saat itu waktu masih menunjukan pukul 6.00. sambil menunggu bis melaju, sayapun menyempatkan diri untuk membaca buku Quantum Learning.

Tiba-tiba saja handpone saya berdering, menandakan sms masuk. “hati-hati di jalan yah, sampai bertemu di cibinong…” kemudian saya kirim kembali “ ok pa siapp…”. “Berangkat sama siapa?” tanya bpk “saya sendiri pa…” saya pun menjawab”. “subhanallah luar biasa, hati-hati di jalan yah nak?” balas beliau. ‘ ok pa..siap ^_^”.”sampai bertemu di terminal yah nak…”

Jam telah menunjukan pukul 6.30 waktunya saya berangkat, dengan niatan mencari ilmu dan belajar dari sesesok yang sangat luar biasa. Sungguh perjalanan yang luar biasa pertama kalinya saya pergi sendirian ke Jakarta dengan tekat keberanian saya, karena ingin belajar dari orang yang luar biasa.

Setibanya saya di teminal Cibinong, saya menunggu beliau di dekat terminal tepatnya di Ramayana Cibinong.  Saat itu saya menunggu sambil membawa buku yang saya bawa. Tiba-tiba saja datang  2 orang yang luar biasa dengan menggunakan motor. Kemudian saya langsung bersalaman dan mencium tangan keduanya. Lalu keduanya berpisah.

Setelah itu saya di bawa pergi jalan kebelakang ramayana. Kami pergi dengan menggunakan angkot berwarna hijau. Rencananya kami akan pergi ke kampus S2nya IPB. Dalam perjalanan menuju kampus,  kami banyak berbincang dan sharing-sharing. Waawww GREAT betapa senangnya hati saya saat ini. Banyak hal yang memang kami bicarakan selama di dalam angkot. Kemudian kami tiba di kampus S2 IPB.

Waaaaww subhanallah. Luar biasa memang. Perasaan senang terus saja mengalir dalam diri saya. Itu sangat wajar karena saya seorang mahasiswa, saya merasa senang ketika di ajak jalan-jalan ke kampus yang berbeda. Kami masuk kedalam kampus S2 IPB tersebut. Di tempat yang sangat indah sekali, kami berbicara panjang lebar. Suasana di sana sangat mendukung sekali.

Banyak hal yang kami bicarakan, mengenai cita-cita, mengenai hal yang ingin saya lakukan., dan banyak lagi pokonya mah. Suasana tangis dan tawapun ada ketika itu. Saya menangis, itu wajar karena suasana yang sangat mendukung dan pembawaan saya berbicarapun membuat saya menangis deras, dan merasa sangat malu. Kemudian dengan cepat tangisan itu berubah menjadi canda tawa yang menggembirakan. Aneh memang ketika saya menyadari bahwa saya sangat cepat sekali berubah sesuai keadaan.

Hhhhmmm… setelah percakapan, sharing dan pembelajaran yang luar biasa. Kami melanjutkan perjalanan menuju tempat-tempat istimewa lainnya, kamipun melewati kampus D3 IPB. Tibalah kami di KEBUN RAYA BOGOR dan ISTANA BOGOR. Subhanallah Luar biasa SM*RT. Saya seperti orang kepo dan kantro saat itu. Saya pun tak peduli, karena perasaan senang dan semangat yang terus mengalir dalam diri saya.

Tepat di depan Badan Penelitian Biologi di Bogor kami berfoto-foto ria. Beliau bilang “ mari kita berikan oleh-oleh untuk teman- teman di Bandung”. kemudian kami berfoto-foto tepat di depan Badan Penelitian Biologi Bogor. Beliau mengajak saya untuk makan siang. Kemudian kami pergi mencari makan. Sesampainya di warung, kami bertemu dengan makanan khas bogor yaitu TOGE GORENG” waaaww subhanallah…baru pertama kali saya makan dengan TOGE GORENG. Rasanya seperti makan kupat tahu ternyata…hehehehe….

Setelah kami makan, kami melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Ketera Api KRL dengan berjalan kaki kami melawati berbagai gang waaahh….it’s so SM*RT.  Ketika itu kami berhenti sejenak untuk Solat Dzuhur. Setelah solat kami melanjutkan perjalanan kami menuju stasiun. Sesampainya di stasiun KRL. Saya tak mau melewatkan momen yang sangat menyenangkan itu, lalu kami berfoto-foto ria dengan perasaan yang amat senang  hahahhaha lucu memang karena baru pertama kali pula saya naik kereta KRL. Sungguh sangat katro hehehehhe…..

Di dalam keteta KRL, saya merasa sangat aneh, bukan aneh sih melainkan seperti orang bingung. Saya berbicara dalam hati baru kali ini saya naik kereta listrik dan menggunakan AC…hahahahaha tertawa geli sendiri. Tak henti-hentinya sayapun tak mau terus-menerus bingung dan terlihat seperti orang kampung hehehe… kemudiaan saya memulai pembicaraan kembali  dengan beliau.

Banyak hal yang saya tanyakan dan beliau menjelaskan dengan begitu luar biasa..stasiun demi stasiun kami lewati, sempat  tiba-tiba kereta berhenti karena ada problem. Saya kaget, “sebenarnya apa yang terjadi dengan kereta ini pa” saya bertanya . “tidak ada apa-apa memanga kadang seperti ini, nanti juga jalan kembali.”  jawab beliau. Akhirnya KRL yang kami tumpangi pun melaju kembali. Hingga akhirnya kami tiba di Stasiun Pondok Cina

Kami turun di Stasiun Pondok Cina, dan kami terus berjalan sampai akhirnya beliau memberitahukan bahwa kami sedang berada di DEPOK di Universitas Indonesia tepatnya. Lagi-lagi saya merasa sangat kepo dan katro saat itu karena pertama kalinya saya menginjakan kaki di kampus yang katanya populer dan luar biasa itu. Perasaan saya semakin memuncak “waaaahhh luar biasa sangat senang dan gembira paa, karena pertama kalinya saya menginjakan kaki di Universitas Indonesia.”

Dalam suasana yang semangat luar biasa senang dan bahagia itu, tak terasa seharusnya kami merasa lelah dengan perjalanan yang memang cukup panjang, akan tetapi entah kenapa lelah itu hilang seketika. Selama kami berjalan saya terus saja berbicara mengenai kekampungan saya selama perjalanan memalukan memang  tapi tak apa, lebih baik kampung dari pada so,,so,,tahu aslinya kampung hehehehe.

Di dekat danau di UI kami berhenti sejenak karena akan membicarakan hal yang sangat penting untuk masa depan saya. Lagi-lagi suasana saat itu sangat mendukung sekali, pemikiran - pemikiran saya muncul tiba-tiba dan sayapun merasa aneh sendiiri hehehehe. Dari dekat danau kemudian kami pindah dan berjalan mengelilingi UI, tentunya dengan perbincangan - perbincangan yang menarik dan menyenangkan. Saya semakin yakin dan bersemangat karena perbincangan dan sharing-sharing kami.

Taaaarraaa… saya tak pernah lupa selalu mengambil momen-momen untuk di bawa pulang hehehe, kami berfoto-foto di setiap sudut kampus UI, di SCIENCE PARK, dekat danau, di jalan, bahkan di dekat kantinnya mungkin. Ada starbucks coffeenya lagi Great memang kantinnya. Ada restaurant KOREANnya lagi…waduuhh….dan juga tak lupa pula, kami mengambil momen - momen luar biasa itu…waahhhh senangnya luar biasa.

Misi kami untuk konsultasi dan sharing-sharing akhirnya terselesaikan juga. Point penting yang sementara ingin saya tanyakan akhirnya terjawab, hal-hal penting yang kami bicarakanpun terjawab. Rupanya, saya merasa senang, sambil menyelam minum air, sambil jalan-jalan hal pentingpun terbicarakan. Senang sekali rasanya. Entah kenapa semangat saya semakin memuncak. Banyak hal yang saya pikirkan untuk masa depan saya nanti. Insya allah Allah selalu memberikan yang terbaik ^_^ ammiinnn ya Allah.

Tanpa terasa waktupun semakin berjalan, saatnya saya untuk bergegas pulang kembali ke Bandung. entah kenapa saat itu saya merasa sedikit sedih dan belum puas. Belum puas bertanya, sharing-sharing bahkan jalan-jalannya juga hehehehe. Saatnya kami untuk berpisah, saatnya pula untuk saya meninggalkan UI. Sampai jumpa UI semoga saja kita berjodoh kelak dan saya bisa besekolah di sana AMMMIINN ^_^

Waktu menunjukan pukul 15.00 ketika itu kami berjalan menuju mall untuk melakukakan shalat ashar. Setelah shalat ashar, tak lupa pula kami mengambil momen foto-foto di mall hehehehe….sangat tersanjung sekali ketika beliau mengatakan akan mengantar saya menuju terminal. “ terimakasih yah pah saya sangat senang”.

Akhirnya kami menaiki salah satu angkot yang akan menghantarkan perjalanan pulang menuju terminal. Ketika itu kamipun melewati berbagai kampus seperti Gunadharma dengan berbagai tempat yang berbeda kemudian ke kampus Universitas Pancasila. Waaahhhh luar biasa subhanallah…seperti biasa kami tetap berbincang-bincang selama didalam angkot. Saat itu di dalam angkot, beliau menceritakan beberapa hal mengenai seseorang, tentu dari cerita tersebut, banyak hal yang saya ambil hikmahnya.

Saya sangat senag sekali, beliau selalu memberikan nasehat, masukan canda tawa kesenangan, hikmah-hikmah pembelajaran yang dapat di ambil. Dan beliau juga selalu memberikan motivasi dan doa kepada saya. Saya merasa senang, semangat saya kiat bertambah. Terimakasih motivasi dan doanya yah pa. insya allah selalu saya jaga ^_^

Sesampainya di terminal, kami menunggu bis jurusan Bandung yaahhh lumayan lama ternyata…hingga menunggu kurang lebih satu jam sepertinya. Sambil menunggu, beliau memberikan nasehat - nasihat kembali dan motivasi yang luar biasa kepada saya. Saya semakin bersemangat dan segera ingin mewujudkannya. Terimakasih yah papah q ^_^. Tiba-tiba bis menuju Bandungpun datang dan akhirnya sayapun naik dan berpamitan kepada beliau. Tentu dengan diiringin motivasi dan doa dari beliau saya menaiki bis untuk pulang. Ketika saya sudah naik bis tiba-tiba saja beliau sudah tidak ada, ternyata cepat sekali menghilang hehehehe.... membuat saya salut ternyata beliaupun sangat gesit dan sayapun harus lebih gesit dari beliau.

Terimakasih perjalanan yang luar biasanya yah pa… sangat berkesan dan sangat menyenangkan sekali ^_^

Be SM*RT EDUCATOR  ^_^
13 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar