Kamis, 26 April 2012


persamaan dan perbedaan



Alhamdulillah aq bersyukur untuk hari ini di beri ilmu tambahan.  Ternyata dengan apa yang kita baca kemudian kita diskusikan dan di tulisan akan terasa lebih menyenangkan dan mudah terserap.
Ilmu hari ini:
Saya melihat sebuah status dengan pertanyaan kurang lebih  seperti ini
1 . Mengapa kita  berbeda dengan yang lain?
2.  Mengapa kita harus sama dengan yang lain?
Berdasarkan diskusi dengan seorang teman. Saya menyimpulkan kurang lebih begini
Mengapa kita berbeda dengan yang lain? Karena perbedaan itu indah, menarik dan menyenangkan. Coba bayangkan, seandainya semua orang memiliki kemampuan memimpin, lantas siapa yang mau dipimpin? Kalau semua orang menjadi orang tua, siapa yang mau jadi anak? Siapa juga yang akan menerima sedekah, jika semua orang ditakdirkan kaya? Perbedaan itu ada bukan untuk dijadikan alat perpecahan. Justu harus dijadikan alat perdamaian. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dengan perbedaan. Justru dengan adanya perbedaan...kita saling bertukar pemikiran, berbagi ilmu, saling memahami dan saling melengkapi, saling memberi kebaikan. Sebagaimana disebutkan dalam surat Hud ayat 118-119, adalah mereka yang mau menerima perbedaan dengan tangan terbuka dan meyakini bahwa perbedaan adalah takdir Tuhan yang akan kekal sampai hari akhir. Kemudian penerimaan atas perbedaan diikuti oleh sikap menghargai perbedaan yang ada. Perbedaan budaya, agama, suku, warna kulit, dan lain sebagainya, tidak menjadikan seseorang lebih unggul atau lebih rendah dari yang lainnya. contoh, orang kulit putih tidaklah lebih mulia dari orang kulit hitam atau orang kulit berwarna. Sebenarnya yang membedakan kedudukan kita sebagai manusia di sisi Tuhan adalah tingkat pengabdian kita kepada-Nya (QS. al-Hujurat: 13) dan seberapa besar kita memberi manfaat kepada manusia dan alam. Karena manusia yang paling baik adalah manusia yang paling bermanfaat bagi sesamanya.
Dan mengapa kita harus sama dengan yang lain? Karena tidak semua orang bisa menerima perbedaan. Menyamakan sesuatu dengan yang lain itu dimaksudkan agar tidak menjadikan diri kita menjadi seseorang lebih unggul atau lebih rendah dari yang lainnya. Dan sejatinya memang kita sama-sama manusia, sama-sama berada didunia, sama-sama di kasih akal hanya terkadang pemikiran dan cara pandang kita yang berbeda justru dengan adanya perbedaan akan terbentuk suatu tujuan yang sama.
Mari sama-sama belajar menerima persamaan dan perbedaan ^_^
8 Juli 2011
Tita Yartini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar